Nasi Putih Sebabkan Diabetes ? Simak penjelasan berikut .. - Harga Treadmill Terbaik

Nasi Putih Sebabkan Diabetes ? Simak penjelasan berikut ..

cara mencegah diabetes

Nasi putih yang merupakan salah satu makanan pokok dinegeri ini dan menjadi sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi dibandingkan sumber karbo yang lainnya seperti kentang, gandum dan singkong. Selain mudah didapat, nasi putih memiliki citarasa yang lebih nikmat jika dipadukan dengan makanan lainnya.

Namun taukah Anda bahwa nasi putih merupakan makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi. Kadar indeks glikemik merupakan satuan pengelompokan makanan dan minuman berdasarkan kecepatannya dalam meningkatkan kadar gula dalam darah. Dengan indeks glikemik yang tinggi pada nasi putih, membuat nasi putih sangat mudah dan cepat untuk dipecah menjadi gula dan diserap tubuh.

Hal ini membuat kadar glukosa akan cepat naik sehingga dapat membawa dampak buruk terutama bagi penderita diabetes. Penyakit diabetes bisa menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit lain sebagai komplikasi pada penderitanya. Karena itu, diabetes menjadi penyakit yang wajib diwaspadai.

Lantas bagaimana cara mengkonsumsi nasi putih yang tepat ??? Yukk,, simak 3 poin penting berikut ini …

1. Menjaga Porsi
Mengatur pola makan, merupakan hal yang sangat penting. Jika memang terbiasa mengkonsumsi nasi putih dalam jumlah banayk, cobalah untuk mengurangi porsinya secara teratur. Semakin lama Anda akan terbiasa mengonsumsi sedikit nasi putih dan banyaklah lauk seperti protein, sayur dan buah. Kadar gula darah pun  akan terkontrol baik.

2. Hindari Menggoreng Nasi
Penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi lemak tersaturasi, yaitu seperti gorengan dan makanan cepat saji. Nasi goreng juga mengandung lemak tersaturasi, apalagi ditambahkan lauk, seperti telur, ayam goreng, dan babat.

Mengonsumsi makananan megandung lemak tersaturasi dapat menyebabkan resistensi insulin serta meningkatkan risiko komplikasi pada penderita diabetes.

3. Hindari Memakan Nasi Saat Panas
Nasi putih yang masih panas kaya akan zat pati atau karbohidrat yang dapat dicerna dan diserap dengan cepat oleh usus halus, sehingga kadar gula darah pun akan meningkat dengan cepat. Namun, zat pati tersebut dapat diubah menjadi zat pati yang sulit dicerna (zat pati resisten). Dengan cara mendinginkan nasi putih tersebut. Nasi putih dingin terbukti memiliki indeks glikemik lebih rendah. Oleh karena itu, mengganti asupan nasi putih panas dengan nasi putih dingin dapat mengontrol kadar gula darah.

Sebenarnya memang tidak harus menghindari nasi sama sekali. Karbohidrat tetap diperlukan tubuh sebagai penyedia tenaga tapi sebaiknya konsumsinya dibatasi. Bagaimanapun penyakit tersebut dapat dihindari dengan cara menerapkan pola konsumsi yang baik dan olahraga teratur.

Salam Sehat

error: