Ingin Kolesterol Tetap Aman saat Idul Adha ?? Ikuti 4 Tips dibawah ini .. - Harga Treadmill Terbaik

Ingin Kolesterol Tetap Aman saat Idul Adha ?? Ikuti 4 Tips dibawah ini ..

Kolesterol stabil saat idul adha

Hari raya Idul Adha tinggal menunggu hitungan jam. Sama seperti hari raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha juga memiliki makanan yang identik dengan daging. Bagaimana tidak, hari raya Idul Adha berkaitan dengan berkurban, dimana umat muslim menunaikan ibadah dengan cara meyembelih hewan kurban yang umumnya sapi dan kambing. Seolah lekat dengan hari raya ini. Tradisi makan masakan olahan daging pun menjadi trend setiap tahunnya. Masakan seperti rendang, sate, gulai, dan tongseng pasti hadir di meja makan ketika hari raya itu tiba.

Daging merah merupakan sumber protein hewani yang baik dan mengandung semua asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk membantu perbaikan jaringan dan sel yang rusak. Asam amino tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kita harus mendapatkannya dari sumber makanan. Daging merah juga mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan. Meski memiliki banyak manfaat, kita tetap harus mengonsumsi daging dengan bijak.

Makan hidangan daging secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam jangka pendek bahkan bisa menjalar menjadi masalah jangka panjang.

Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan ketika lebaran Idul Adha tiba :

1. Perhatikan Proses Pengolahan
Dalam proses pengolahkan usahakan menghindari menggoreng daging. Proses menggoreng dapat meningkatkan kandungan kalori dan lemak dalam tubuh. Hal ini menyebabkan memberikan dampak buruk terutama bagi penderita kolesterol.

2. Batasi Jumlah Konsumsi
Perlunya membatasi jumlah konsumsi guna menekan resiko buruk dibaliknya. Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah, terutama setelah diolah dengan bahan lain seperti santan dapat meningkatkan penyakit hipertensi, kolesterol dan diabetes. Perhatikan kebutuhkan asupan kalori setiap harinya. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Kombinasikan dengan Sayur dan Buah
Pentingnya mengimbangi konsumsi daging merah dengan sayur dan buah untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah dan sayur yang sering direkomendasikan antara lain jeruk, semangka, melon, tomat, timun dan kubis.

4. Pentingnya Pembakaran Kalori Berlebih
Taukah Anda kalori yang masuk pada tubuh setiap harinya ? Terutama jika hari itu penuh dengan konsumsi olahan daging merah. Setiap 100gr olahan daging merah seperti rendang, gulai, atau tongseng memiliki jumlah kalori berkisar 195 – 210 kalori belum termasuk nasi dan tambahan makanan lainnya.

Apabila dalam satu hari Anda mendapat asupan 2.500 kalori dari semua yang Anda konsumsi hari itu. Namun Anda hanya membakar 2.000 kalori, maka terdapat 500 kalori esktra. Kalori ekstra itulah yang disimpan tubuh dalam bentuk lemak. Pentingnya melakukan pembakaran ekstra kalori untuk mengurangi timbunan lemak yang dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit.

Mengonsumsi daging kurban saat Idul Adha hal yang sah-sah saja. Tapi, Anda harus berhati-hati supaya tidak tergiur untuk mengonsumsi secara berlebihan. Apalagi jika masih ada sisa selama beberapa hari ke depan. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa berolahraga.

Salam .

error: