Hindari Heat Stroke, Lakukan Ini Saat Olahraga Dimusim Panas - Harga Treadmill Terbaik

Hindari Heat Stroke, Lakukan Ini Saat Olahraga Dimusim Panas

heat stroke

Heat stroke adalah kondisi tubuh saat mengalami peningkatan suhu yang sangat tinggi. Tentu heat stroke merupakan kondisi yang harus dihindari. Oleh sebab itu, olahraga saat cuaca panas tidak boleh sembarang dilakukan. Meski bagi Anda yang rutin berolahraga, cuaca bukanlah penghalang. Namun, perlu diwaspadai resiko yang dapat mengancam.

Pada musim panas, suhu tubuh manusia berkisar 36 – 37,8° celcius. Beberapa orang pasti memanfaatkan momen musim panas untuk berolahraga guna mengeluarkan keringat lebih banyak. Akan tetapi, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Apabila terlalu memforsir diri, heat stroke akan menjadi sebuah ancaman. Saat suhu tubuh melebihi batas normal dapat menimbulkan gejala seperti mual, pusing, ritme nafas terengah engah, detak jantung berdepar kencang dan bisa pula tak sadarkan diri 

Berikut Ini Tips Agar Terhindar Dari Ancaman Heat Stroke Saat Berolahraga Dimusim Panas:

1.Kenali Tanda Jika Suhu Tubuh Melampaui Batas

Umumnya sebelum terjadi heat stroke tubuh akan mengalami kelelahan berlebih setelah berolahraga cukup keras. alangkah baiknya kurangi intensitas Anda berolahraga lalu dinginkan tubuh Anda.  Cari tempat yang sejuk, untuk membantu mempercepat penurunan suhu tubuh.

2. Pastikan Asupan Air Mineral Cukup

Cuaca yang panas akan membuat aktivitas olahraga Anda lebih berat. Bukan hanya karena beban latihan tapi juga pengaruh cuaca. Tentu saja kondisi tersebut dapat menguras cadangan air dalam tubuh. Usahakan penuhi kebutuhan cairan Anda sebelum dan sesudah berolahraga. Pastikan Anda tidak mengkonsumsi minuman terlalu dingin, mengandung alcohol serta kafein yang dapat memperparah kondisi.

3. Jangan Olahraga di Bawah Matahari Terik

Pilih tempat yang sejuk dan teduh untuk berolahraga, agar terhindar dari terik sinar matahari. Bila memungkinkan lakukan olahraga sebelum pukul 7 pagi untuk mendapatkan manfaat sinar matahari. Selain mengandung pro vitamin D, sinar matahari pagi memiliki radiasi ultraviolet yang cukup rendah.

 4.Pilih Baju Olahraga yang Sesuai

Mengenakan pakaian olahraga yang tepat untuk berolahraga sangatlah penting. Ketika cuaca sangat terik, pilihlah pakaian dengan bahan yang ringan dengan memiliki pori untuk membantu penguapan keringat, sehingga baju tidak mengunci panas yang memicu naiknya suhu tubuh diarea kulit. 

5. Gunakan Sunscreen

Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dan menjaga warna kulit agar tidak terbakar. Penggunaan sunscreen sebelum berolahraga dapat mencegah heat stroke dengan cara menghambat paparan sinar UV. Gunakan sunscreen pada bagian tubuh yang secara langsung terpapar sinar matahari dan pilih jenis sunscreen yang sesuai untuk berolahraga.

Lakukan tips diatas untuk menghindari ancaman Heat Stroke saat berolahraga dimusim panas. Heat stroke merupakan kondisi yang harus segera ditangani, segera lakukan pertolongan pertama untuk menurunkan suhu tubuh.

Apabila pertolongan pertama tidak efektif, segera hubungi bantuan medis agar heat stroke tidak semakin parah. Heat stroke yang dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, dapat menyebabkan kerusakan otak serta organ vital lainnya hingga megancam nyawa.

error: