6 Manfaat Olahraga Angkat Beban Untuk Tubuh dan Mental - Harga Treadmill Terbaik

6 Manfaat Olahraga Angkat Beban Untuk Tubuh dan Mental

manfaat angkat beban

Dulunya, olahraga angkat beban mungkin hanya dihubungkan dengan para binaragawan saja. Namun semakin kesini, masyarakat umum sudah lebih mengenal, tertarik dan mengetahui sebagian kecil manfaat angkat beban.

Kesadaran akan kesehatan dan keinginan memiliki otot tubuh yang bagus adalah tujuan utama masyarakat melakukan olahraga angkat beban. Selain itu, jenis latihan strength training ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran otot.

Tak cukup disini, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat angkat beban lainnya, seperti:

1. Mengencangkan Otot
Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan jika ingin memiliki tubuh yang kencang dan berotot adalah dengan melakukan olahraga beban.

Penelitian menyebutkan jika angkat beban dilakukan secara rutin, maka otot tubuh akan terbentuk secara lebih maksimal. Latihan beban juga akan membantu memperbaiki postur tubuh menjadi lebih ideal.

Manfaat olahraga angkat beban ini akan membantu Anda menurunkan risiko sarkopenia atau kehilangan massa otot pada usia senja.

2. Menurunkan Berat Badan
Bukan hanya kardio, latihan lain yang sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah angkat beban. Dalam sebuah studi, dibuktikan bahwa seseorang yang rutin melakukan olahraga beban sebanyak empat kali dalam seminggu selama delapan belas bulan berturut-turut, dapat menurunkan berat badan secara lebih cepat dibanding mereka yang hanya melakukan olahraga aerobik.

Hal ini berhubungan dengan pembentukan otot yang dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, seperti BMR (basal metabolic rate) yang mengacu pada jumlah yang terbakar ketika Anda istirahat.

Selain itu, pembentukan massa otot juga akan membuat pembakaran lemak semakin efektif.

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Saat menginjak usia 30 tahun, Anda akan kehilangan massa tulang secara perlahan. Latihan beban bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Dimana latihan tulang dapat membantu mencegah osteoporosis.

Manfaat olahraga beban ini juga telah dibuktikan dalam sebuah studi. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa rutin melakukan olahraga beban sebanyak dua kali dalam seminggu dengan sesi latihan 30 menit dapat memperbaiki kekuatan, kepadatan serta struktur tulang. Bahkan pada wnaita menopause sekalipun.

4. Meningkatkan Keseimbangan
Olahraga beban ternyata juga dapat melatih keseimbangan serta koordinasi tubuh. Manfaat olahraga beban ini akan sangat terasa pada mereka yang sudah berusia lanjut dan mempunyai risiko jatuh cukup tinggi.

Berdasarkan studi, melakukan olahraga beban dapat menurunkan risiko jatuh hingga 40%. Sementara Anda pun mengetahui, jika lansia jatuh dapat mengalami akibat serius terhadap kesehatannya, seperti patah panggul, disabilitas hingga gangguan mobilitas lain.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Secara otomatis, ketika tubuh Anda terbentuk dengan indah dan tak ada lipatan lemak, maka rasa percaya diri pun akan mulai tumbuh. Tumpukan lemak yang mengganggu penampilan memang sering kali mengurangi rasa percaya diri dan dapat menghambat aktifitas Anda.

Namun dengan tubuh ideal dan sehat, Anda bukan hanya bisa leluasa melakukan aktifitas. Akan tetapi juga memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi, sehingga kualitas hidup Anda pun dapat meningkat.

6. Mengembangkan Otak
Manfaat olahraga beban lainnya ialah untuk meningkatkan fungsi otak. Manfaat ini didapatkan karena peredaran darah dan produksi hormon yang berfungsi meningkatkan kinerja otak, seperti IGF-1 akan meningkat ketika Anda melakukan olahraga beban.

Tentunya manfaat ini tak akan bisa didapatkan secara instan, melainkan dengan latihan rutin dan dilakukan secara terus menerus.

Selain beragam manfaat di atas, olahraga beban juga dapat membantu menurunkan berbagai risiko penyakit, seperti jantung, stroke, diabetes dan lain sebagainya.

Jadi kapan Anda akan mulai latihan angkat beban?

error: