Cara Membangun Massa Otot Secara Cepat dan Aman - Harga Treadmill Terbaik

Cara Membangun Massa Otot Secara Cepat dan Aman

cara membangun massa otot

Salah satu patokan ideal bagi penampilan pria adalah memiliki tubuh berotot. Selain dapat menambah rasa percaya diri, hal ini juga bisa menyiratkan tubuh yang sehat dan bugar. Oleh sebab itu, tak heran jika sebagian besar pria akan berusaha keras demi dapat membangun massa ototnya dan memiliki tubuh ideal.

Sayangnya, untuk mendapatkan massa otot secara cepat tidak bisa dilakukan hanya dengan melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan secara asal-asalan. Ada beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan agar program ini berjalan lebih efektif.

Cara Membangun Massa Otot Ala Doug Kalman R.D

Doug Kalman R.D sendiri merupakan direktur nutrisi Miami Research Center. Dalam beberapa kesempatan, Doug Kalman menegaskan jika membangun massa otot harus dengan cara yang tepat. Berikut ini tipsnya.

1. Maksimalkan Asupan Protein
Protein merupakan salah satu zat terpenting dalam meningkatkan masa otot. Namun, tidak semua protein yang Anda konsumsi digunakan untuk membangun masa otot. Tubuh juga membutuhkan asupan protein untuk kebutuhan lain seperti produksi hormon.

Maka dari itu, Anda perlu memaksimalkan asupan protein untuk bisa membangun masa otot secara cepat. Sebab, proses membangun dan menyimpan protein baru akan jauh lebih cepat dibanding memecah protein lama. Selain itu, Anda juga sangat disarankan untuk tidak melakukan diet.

Menurut anjuran dari National Strenght and Conditioning Association (NSCA), sebaiknya Anda mengonsumsi protein 12 hingga 15 persen dari total kalori harian yang dibutuhkan. Sedangkan 55 hingga 60 persen lainnya ialah karbohidrat dan 25 hingga 30 persen sisanya adalah lemak.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan protein tinggi antara lain adalah almond, kacang polong, telur, susu dan olahannya, dada ayam, lentil, kedelai, bayam dan lain sebagainya.

2. Perhatikan Asupan Karbohidrat
Untuk dapat membangun masa otot secara cepat, Anda perlu perhatikan dua tips ini yakni mengonsumsi kombinasi karbohidrat dan protein sebelum latihan serta mengonsumsi karbohidrat setelah latihan.

Penelitian yang dilakukan di University of Texas menunjukan bahwa konsumsi minuman dengan kandungan protein dan karbohidrat bisa membentuk protein otot. Sementara aktifitas olahraga dapat membantu penyerapan asam amino pada otot, sehingga proses pembentukan otot menjadi lebih cepat.

Anda bisa mengonsumsi 20 gram protein dan 35 karbohidrat 30-60 menit sebelum latihan.

Sedangkan asupan karbohidrat setelah latihan dibutuhkan untuk menghindari hilangnya cadangan protein dalam otot yang diolah menjadi energi. Ketika asupan karbohidrat terpenuhi, maka pengurangan masa otot bisa dihindari.

Tak hanya itu, mengonsumsi karbohidrat setelah olahraga juga bisa meningkatkan insulin yang dapat memperlambat pemecahan protein oleh tubuh.

3. Konsumsi Kombinasi Protein dan Karbohidrat Sebelum Tidur
Bukan hanya sebelum dan sesudah latihan, tubuh juga masih membutuhkan asupan protein dan karbohidrat dalam jumlah banyak sebelum tidur. Anda bisa mengonsumsi kombinasi protein dan karbohidrat 30 menit sebelum tidur, sehingga selama beristirahat, tubuh akan mengandalkan karbohidrat yang telah dikonsumsi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi protein kasein, yang mana proses pencernaan jenis protein ini lebih lama sehingga tubuh bisa membangun masa otot selama tidur.

4. Latihan Untuk Otot-Otot Terbesar
Bagi Anda yang masih pemula, semua latihan memang dapat membantu meningkatkan pembentukan protein. Namun bagi penggiat gym yang sudah terbiasa melakukan latihan beban, sebaiknya fokus pada kelompok otot-otot besar, seperti punggung, dada, dan kaki.

Anda juga bisa menambahkan sesi latihan lain seperti deadlift, pull up, squat, bench press, bent over rows dan dips, sehingga pembentukan otot tubuh lebih efektif. Pengurangan olahraga kardio juga harus Anda lakukan, karena jenis olahraga ini justru berpotensi menyebabkan pembakaran energi yang cukup besar dan dapat menurunkan masa otot.

Tentunya beberapa tips membangun massa otot di atas harus Anda lakukan secara konsisten. Sebab tidak ada hasil maksimal yang bisa didapatkan secara instan.

error: