5 Tips Penting Cara Memilih Treadmill Sebelum Membeli

5 Tips Penting Cara Memilih Treadmill Sebelum Membeli

cara memilih treadmill

5 Tips Cara Memilih Treadmill – Tim Hargatreadmill.com

Olahraga merupakan salah satu aktivitas penting yang harus Anda lakukan demi menunjang kesehatan serta kebugaran tubuh. Jika Anda meyakini bahwa olahraga sudah menjadi sebuah kebutuhan, maka memiliki treadmill untuk olahraga dirumah adalah satu langkah yang tepat.

Perihal membeli treadmill merupakan perkara yang mudah, Anda hanya perlu memiliki budget yang cukup. Namun sebenarnya tidak semudah itu, untuk mendapatkan treadmill yang sesuai dengan kebutuhan, ada cara memilih treadmill yang harus Anda perhatikan dan beberapa hal terkait treadmill.

Treadmill merupakan salah satu alat olahraga yang cocok digunakan dirumah. Harga yang ditawarkan alat olahraga ini yaitu antara 1jt an hingga 200jt. Semua tergantung dari merk serta spesifikasi yang ditawarkan.

Oleh karena itu, usahakan jangan tergiur dengan treadmill yang harganya terlalu murah, tapi Anda harus menggantinya tahun depan karena rusak. Alih-alih agar lebih hemat, Anda justru akan mengeluarkan biaya hingga dua kali lipat.

Lantas bagaimana cara memilih treadmill yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Apa saja yang wajib diperhatikan sebelum membelinya? Yuk simak 5 hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli treadmill berikut ini.

Spesifikasi Treadmill yang Dibutuhkan

Spesifikasi dari sebuah peralatan adalah suatu hal yang penting dan tidak boleh luput dari perhatian. Adapun beberapa hal mengenai spesifikasi treadmill yang harus diperhatikan yaitu:

1. Ukuran Track Treadmill

Menentukan ukuran track treadmill adalah hal yang sangat penting demi kenyamanan saat berolahraga. Pilihlah ukuran track sesuai dengan tujuan Anda menggunakan treadmill untuk running treadmill adalah 147 cm (58”) atau 152 cm (60”).

Sebenarnya ukurang track tidak terlalu penting jika hanya digunakan untuk walking treadmill. Namun jika untuk running treadmill, menentukan ukuran track adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ruangan rumah Anda.

2.Motor

Motor merupakan sebuah faktor utama untuk power treadmill. Motor pada alat olahraga treadmill didefinisikan dalam HP (Horsepower) atau CHP (Continuous Horsepower). HP merupakan sebuah kemampuan maksimum power yang dihasilkan oleh motor treadmill. Sedangngkan CHP merupakan kemampuan motor untuk mengeluarkan power yang lebih stabil meskipun digunakan secara terus menerus.

Lalu bagaimana cara mengukur CHP yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut ini rekomendasi besar CHP pada treadmill sesuai yang dibutuhkan. Yaitu:

2.0 CHP atau lebih untuk walking treadmill
2,5 CHP atau lebih untuk jogging, dan
3.0 CHP atau lebih untuk running.

Kemudian untuk Anda yang memiliki berat badan lebih dari 100kg, maka pilihlah treadmil dengan CHP 2.5 atau lebih.

3.Track Cushioning

Cushion track atau track cushioning pada treadmill memiliki fungsi untuk melindungi sendi lutut ketika berlari. Berlari pada treadmill yang memiliki track cushioning dapat mengurangi kemungkinan terjadinya cedera joint lutut hingga 40%.

Jika Anda memiliki masalah pada sendi lutut ataupun berkeinginan mencari treadmill untuk orang tua, maka memilih treadmill yang memiliki cushion track support adalah hal yang sangat penting dan berguna.

4.Sumber Daya Treadmill yang Dibutuhkan

Sumber daya treadmill biasanya terdapat dua jenis, yaitu manual dan motor. Jika Anda menginginkan treadmill yang tanpa memerlukan tenaga listrik, maka Anda dapat memilih treadmill dengan sumber daya manual.

Treadmill manual hanya sebagai media Anda olahraga saja karena seluruh sumber daya berasal dari tenaga pengguna. Sehingga cepat atau tidaknya gerakan tergantung pada keinginan dan tenaga yang Anda miliki.

Sedangkan untuk treadmill bertenaga listrik atau motor, Anda harus menyesuaikan dengan daya rumah yang dimiliki. Pilihlah treadmill dengan daya yang lebih kecil dari daya rumah yang dimiliki.

Anggaran Harga Treadmill yang sesuai

Budget adalah hal utama yang harus dipersiapkan. Pilihlah harga treadmill sesuai dengan budget atau anggaran yang Anda miliki. Jangan samapi dengan memaksakan membeli treadmill dengan harga yang terlalu tinggi akan menyiksa keuangan Anda di masa mendatang.

Namun perlu yang Anda ingat, jangan juga membeli treadmill dengan harga yang terlalu murah karena alasan apapun. Karena percumah saja Anda mendapatkan treadmill dengan harga murah namun cepat rusak bukan?

Sesuaikan ukuran treadmill dengan Space yang Tersedia di Rumah

Treadmill memiliki variasi ukuran yang berbeda-beda, tergantung dengan jenisnya. Pilihlah ukuran treadmill sesuai dengan tempat atau space yang tersedia. Jangan sampai Anda membeli treadmill berukuran terlalu besar, sedangkan space yan tersedia begitu sempit. Hal ini akan membuat ruangan menjadi lebih sesak dan olahraga juga tidak berjalan dengan optimal.

Sparepart dan Layanan Service Treadmill Mudah Didapatkan

Dari waktu ke waktu, suatu alat pasti akan berkurang fungsinya karena digunakan terus menerus. Hal ini tentu saja mewajibkan Anda untuk menservice treadmill agar dapat digunakan kembali. Pilihlan jenis treadmill yang umum, sehingg Anda dapat menjangkau layanan service treadmill dengan mudah.

Tidak hanya itu, kerusakan pada bagian-bagian tertentu kerap kali tidak dapat dihindari, Anda juga diharuskan untuk mengganti sparepart yang rusak agar dapat berfungsi dengan baik kembali. Pilihlah treadmill yang memiliki sparepart yang mudah mendapatkan gantinya. Sehingga Anda tidak perlu bingung jika salah satu atau beberapa sparepart rusak.

Terkadang seseorang juga akan menjual treadmill dalam keadaan second atau bekas karena beberapa alasan tertentu. Dan tidak jarang juga seseorang sengaja mencari treadmill bekas agar lebih terjangkau. Oleh karena itu, pilihlan jenis treadmill dengan purna jual yang mudah dan cepat.

Nah, itulah beberapa cara memilih treadmill yang wajib diperhatikan sebelum membeli. Pastikan treadmill yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan semua point di atas agar Anda dapat memiliki treadmill secara tepat dan tidak menyesal setelahnya.

Selamat mencoba!