7 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan - Harga Treadmill Terbaik

7 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil dan Pasca Melahirkan

manfaat olahraga bagi ibu hamil

Saat menjalani masa kehamilan, fisik seorang wanita biasanya akan lebih lemah. Rasa cepat lelah ditambah lagi dengan gejala morning sickness pada trimester pertama kerap kali membuat ibu hamil mager alias malas gerak.

Meski tidak dianjurkan untuk banyak melakukan aktifitas fisik berat, tetapi bukan berarti jika ibu hamil tidak diperbolehkan olahraga. Justru olahraga bagi ibu hamil dapat memberikan manfaat yang sangat beragam. Bukan hanya saat masa kehamilan bagi ibu dan janin, namun manfaat ini juga bisa dirasakan pasca melahirkan.

Penasaran apa saja manfaat melakukan olahraga bagi ibu hamil? Berikut beberapa diantaranya.

1.Membantu Tidur Nyenyak

Ketika usia kehamilan memasuki trimester terakhir, biasanya ibu hamil akan mengalami masalah susah tidur atau tidur yang kurang berkualitas. Beberapa faktor penyebabnya antara lain karena ukuran janin yang sudah membesar, sehingga ibu hamil susah menentukan posisi nyaman untuk tidur. Produksi hormon yang tidak stabil juga sering mempengaruhi kualitas tidur.

Namun dengan rutin olahraga, produksi hormon endorfin dapat meningkat, sehingga pikiran lebih tenang dan mengurangi risiko stress. Alhasil Anda dapat merasakan kualitas tidur yang baik.

2.Mempermudah Proses Persalinan

Menurut beberapa study, olahraga bagi ibu hamil sangat baik untuk proses persalinan. Dimana olahraga dapat membantu menyiapkan otot panggul sebagai jalan lahir janin, sehingga proses persalinan lebih singkat dan mudah.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan stamina ibu hamil sekaligus memperlancar sistem peredaran darah. Dengan begitu ibu hamil bisa melewati proses persalinan dengan stamina yang kuat.

3.Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Pada masa kehamilan, umumnya kadar gula darah akan cenderung lebih tinggi sehingga risiko serangan diabetes gestasional pada ibu hamil pun lebih besar. Selain itu, tekanan darah ibu hamil juga cenderung tidak stabil. Apabila tekanan darah terlalu tinggi saat menjelang persalinan, hal ini dapat berbahaya bagi keselamatan ibu hamil maupun janin.

Namun dengan rutin melakukan olahraga, Anda dapat menurunkan risiko komplikasi saat hamil, seperti diabetes gestasional, preeklamsia dan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4.Mengurangi Nyeri Kehamilan

Masa kehamilan adalah masa penuh perjuangan bagi calon ibu. Rasa sakit dan nyeri sepertinya bukan lagi hal asing. Mulai dari punggung, pinggul, kaki dan berbagai keluhan lain sudah sangat wajar bagi ibu hamil.

Kabar baiknya, beberapa olahraga bagi ibu hamil dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri kehamilan, seperti renang, jalan kaki, senam hamil, kegel hingga yoga. Beberapa jenis olahraga tersebut akan membantu merilekskan otot sekaligus membuat pikiran menjadi lebih tenang.

5.Mencegah Sembelit

Selain rasa nyeri, sembelit juga termasuk hal wajar yang sering dialami ibu hamil. Masalah pencernaan ini terjadi karena hormon progesteron yang terlalu tinggi sehingga dapat memperlambat pergerakan makanan pada saluran pencernaan. Tekanan pada dubur pun menjadi lebih lambat.

Nah selain dengan rutin melakukan olahraga bagi ibu hamil, sembelit juga bisa diatasi dengan banyak mengonsumsi makanan tinggi serat.

6.Mengurangi Stress

Meskipun kehamilan adalah momen spesial yang ditunggu-tunggu calon ibu, namun suasana hati yang sangat mudah berubah sangat rentan menyebabkan stress. Apabila hal ini terjadi, maka dapat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil.

Olahraga secara rutin ternyata dapat membantu memaksimalkan pelepasan hormon endorfin dan zat serotin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi risiko stress.

7.Memudahkan Penurunan Berat Badan Pasca Melahirkan

Seperti yang sudah disinggung di atas, manfaat olahraga bagi ibu hamil juga dapat dirasakan pasca melahirkan. Dimana rutin olahraga saat hamil dapat membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan lebih cepat dan mudah.

Tentunya untuk mendapatkan semua manfaat di atas Anda juga perlu memilih olahraga yang aman dan sesuai kebutuhan. Jadi pastikan Anda selalu konsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu.