Mengenali Tanda Stress Berat dan Cara Mengatasinya - Harga Treadmill Terbaik

Mengenali Tanda Stress Berat dan Cara Mengatasinya

tanda stress berat

Ketika seseorang mendapat tekanan mental dan emosional yang begitu besar, mereka akan sangat rentan mengalami stress berat. Sayangnya, sebagian orang justru tidak menyadari jika dirinya sedang mengalami stress berat dan mengabaikan tanda-tanda stress berat yang sudah dirasakan.

Faktor penyebab stress berat sendiri sebenarnya sangat beragam, mulai dari masalah keluarga, beban pekerjaan, menderita penyakit tertentu, masalah keuangan dan lain sebagainya.

Tanda-Tanda Stress Berat

Tanda-tanda stress yang muncul pada diri seseorang biasanya akan mempengaruhi beberapa aspek kehidupannya, mulai dari perilaku, kemampuan berfikir, emosi hingga kesehatan fisiknya.

Namun sebelum menyebabkan masalah yang lebih serius, penting bagi Anda untuk mendeteksi dan mengenali tanda-tanda stress besar, seperti:

  • Mudah tersinggung
  • Mudah gelisah, sering terlihat murung, dan merasa frustasi
  • Tidak bisa berfikir dengan tenang dan baik
  • Merasa dirinya tidak berharga, serta seslalu merasa tertekan
  • Sering mengalami insomnia atau gangguan tidur
  • Sering sakit kepala
  • Kesehatan fisik mulai menurun
  • Tidak bergairah dan berenergi
  • Nafsu makan berkurang, bahkan tidak nafsu makan sama sekali
  • Sering mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, kembung ataupun diare.

Meski tidak semua tanda-tanda stress di atas akan dialami dalam waktu bersamaan, namun jika Anda sudah merasakan perubahan pada hidup Anda. Serta mengalami beberapa tanda di atas, sebaiknya langsung cari penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Stress Berat

Stress berat bukanlah suatu hal yang boleh dibiarkan begitu saja. Jika Anda tidak memberikan penanganan tepat, tentu dapat menyebabkan efek buruk lain.

Cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk meminimalisir tanda stress Anda :

1.Berfikir Positif

Salah satu kunci untuk menenangkan diri Anda dan mengembalikan kondisi mental yang sempat down adalah dengan berfikir positif. Latih diri Anda untuk bisa mengambil sisi positif dari kejadian atau apapun yang Anda alami.

Ketika Anda bisa memandang segala sesuatu dari sisi positifnya, maka pikiran akan menjadi lebih rileks dan tidak membebani diri Anda sendiri.

2.Cerita ke Orang yang Anda Percaya

Kesalahan yang sering dilakukan sebagian orang adalah selalu menyimpan beban masalah sendiri. Selain tidak baik untuk kesehatan mental Anda, kebiasaan ini juga bisa berdampak buruk pada kesehatan fisik.

Carilah orang yang bisa Anda percaya dan ceritakan beban pikiran Anda. Meski tidak semua orang bisa memberikan solusi yang Anda butuhkan, namun hal ini dapat memperingan beban yang Anda rasakan sendiri.

3.Tidur Cukup

Tidur termasuk salah satu cara terbaik untuk meredakan beban yang Anda rasakan. Ya walaupun salah satu tanda stress berat adalah sering mengalami insomnia. Akan tetapi Anda sangat disarankan untuk memaksakan diri tidur cukup.

Jika insomnia yang Anda alami sudah bisa dikatakan parah, Anda bisa meminta obat penenang/tidur pada dokter, sehingga Anda tetap bisa merasakan tidur yang berkualitas.

Mandi air hangat sebelum tidur juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Sebab mandi air hangat akan membuat otot lebih rileks sehingga nyaman untuk beristirahat.

4.Liburan

Cara lain untuk meredakan tanda stress ialah dengan pergi liburan. Suasana baru mungkin akan membuat Anda lebih tenang dan bisa menikmati hidup.

Pilihlah tempat liburan yang memberikan vibes tenang, seperti pegunungan, pantai atau tempat-tempat lain yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sebab datang ke tempat yang terlalu ramai justru cenderung membuat Anda akan kurang nyaman dan tidak bisa menenangkan diri.

Jika beberapa cara di atas sudah Anda lakukan namun belum juga membuahkan hasil. Tidak ada salahnya Anda mengkonsultasikan diri ke dokter atau psikolog terkiat tanda-tanda stress yang dialami.