Senam Pasca Melahirkan ? Ini Waktu dan Cara yg Tepat ... - Harga Treadmill Terbaik

Senam Pasca Melahirkan ? Ini Waktu dan Cara yg Tepat …

senam setelah melahirkan

Pasca menjalani proses persalinan, tubuh seorang wanita umumnya akan lebih lemah. Meski begitu, kondisi tersebut tidak akan berlangsung lama. Sehingga setelah kurun waktu tertentu, tubuh bisa kembali melakukan aktifitas fisik seperti senam pasca melahirkan.

Aktifitas ini bisa Anda lakukan selang beberapa minggu atau bulan setelah tubuh kembali pulih. Batas waktu diperbolehkannya olahraga untuk ibu melahirkan normal dan caesar pun berbeda.

Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan lengkapnya.

Olahraga Untuk Ibu Melahirkan Normal

Bagi ibu yang menjalani proses persalinan normal, kondisi tubuh terkadang bisa pulih lebih cepat. Namun hal ini tidak bisa dijadikan patokan pasti kapan olahraga boleh dilakukan pasca persalinan normal.

Cepat lambatnya ibu diperbolehkan melakukan olahraga atau senam pasca melahirkan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti robekan pada vagina, volume darah yang dikeluarkan saat persalinan, ada atau tidaknya komplikasi saat kehamilan dan pasca melahirkan serta masih banyak lainnya.

Menurut study, wanita yang langsung aktif melakukan kegiatan secara normal setelah melahirkan, maka fungsi dasar panggulnya akan lebih baik dibanding wanita yang membatasi aktifitas pasca persalinan. Walau demikian, namun sebaiknya aktifitas fisik yang dilakukan harus dilakukan secara bertahap.

Termasuk jenis olahraga untuk ibu melahirkan yang bisa Anda coba. Mulailah dengan olahragba ringan seperti jalan kaki. Selanjutnya bisa diikuti dengan senam kegel untuk melatih otot panggul.

Senam kegel bisa Anda lakukan beberapa hari sekali untuk menghindari risiko terjadinya kebocoran feses dan urin. Sementara waktu diperbolehkannya melakukan senam kegel ialah antara minggu pertama atau kedua pasca persalinan.

Namun bagi wanita yang  mengalami luka robekan pada perineum serta tidak menjalani proses eposiotomi, tidak direkomendasikan melakukan senam kegel.

Olahraga Untuk Ibu Melahirkan  Caesar

Setelah menjalani proses operasi, setiap orang sangat dianjurkan untuk banyak melakukan aktifitas fisik atau olahraga ringan. Tujuannya adalah untuk menghindari penyakit yang biasanya muncul akibat gaya hidup kurang aktif pasca persalinan caesar.

Selain itu, olahraga bagi ibu melahirkan caesar juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan pemulihan kondisi tubuh.

Walau begitu, Anda diwajibkan untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum melakukan olahraga. Olahraga tidak diperbolehkan jika kondisi Anda masih:

  • Rasa nyeri pada bekas operasi masih sangat terasa dan masih membutuhkan pengobatan menggunakan obat pereda nyeri.
  • Mengalami komplikasi kesehatan, seperti gangguan kardiorespirasi (pernafasan dan jantung), anemia atau tromboemboli.
  • Mengalami komplikasi operasi serta pascaoperasi, seperti penyembuhan luka abnormal, mual dan muntak, inkontenensia dan neuropati.

Dokter akan memperbolehkan Anda melakukan olahraga setelah tanda-tanda diatas hilang. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan vital, seperti detak jantung, pernafasan yang sudah stabil dan suhu tubuh.

Anda juga harus memastikan jika fungsi otot sudah maksimal sebelum melakukan olahraga. Umumnya kondisi ini akan didapati setelah 4 hingga 6 minggu pasca operasi caesar.

Jenis olahraga bagi ibu melahirkan caesar pun harus sangat diperhatikan. Sebaiknya pilih olahraga yang tidak memberikan terlalu banyak pergerakan pada area perut, seperti:

1.Jalan Kaki

Anda bisa membiasakan diri berjalan kaki minimal 10 menit per sesi latihan pada minggu pertama atau kedua pasca operasi.

2.Angkat Beban

Berhenti melakukan latihan angka beban selama 15-30 hari ternyata bisa menyebabkan atrofi otot. Sehingga Anda tetap bisa melakukan angkat beban pada minggu pertama atau kedua. Dengan catatan, jika berat beban yang digunakan tidak terlalu besar.

Bagaimana, sudah cukup jelas kapan olahraga untuk ibu melahirkan diperbolehkan? Dengan rutin melakukan olahraga, diharapkan dapat membantu mempercepat pemulihan tubuh serta menurunkan berat badan pasca melahirkan.